Minggu, 15 Mei 2011

Tugas Demokrasi

DEMOKRASI MEMPENGARUHI KEMAKMURAN SUATU BANGSA








Disusun Oleh:
Ana Farkhana Laila Luthfiana 09416241028



PRODI PENDIDIKAN IPS
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011






BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Hampir semua negara di dunian menyakini demokrasi sebagai “tolok ukur tak terbantah dari ke absahan politik.” Kenyakinan bahwa kehendak rakyat adalah dasar utama kewenangan pemerintah menjadi basis bagi tegak kokohnya sistem politik demokrasi. Hal itu menunjukan bahwa rakyat di letakkan pada posisi penting walau pun secara operasional implikasinya di berbagai negara tidak selalu sama.
Akan tetapi perkembangan demokrasi yang terjadi di bidang politik tersebut sayangnya belum sebanding dengan perkembangan dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan demokrasi?
2. Bagaimana bentuk masyarakat yang demokratis?
3. Apa ukuran kemakmuran bangsa?
4. Bagaimana cara bangsa bisa makmur?
5. Apa teori demokrasi yang bisa membawa kemakmuran?










BAB II
PEMBAHASAN
A. Demokrasi
1. Pengertian Demokrasi
Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat, baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan . Istilah ini berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata dêmos yang artinya rakyat dan Kratos yang artinya kekuasaan.
Demokrasi menempati posisi vital dalam kaitannya pembagian kekuasaan dalam suatu negara (umumnya berdasarkan konsep dan prinsip trias politica) dengan kekuasaan negara yang diperoleh dari rakyat juga harus digunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
Prinsip semacam trias politica ini menjadi sangat penting untuk diperhitungkan ketika fakta-fakta sejarah mencatat kekuasaan pemerintah (eksekutif) yang begitu besar ternyata tidak mampu untuk membentuk masyarakat yang adil dan beradab, bahkan kekuasaan absolut pemerintah seringkali menimbulkan pelanggaran terhadap hak-hak asasi manusia.

2. Bentuk Masyarakat yang Demokratis
Ciri masyarakat yang demokratis ditandai dengan adanya masyarakat madani. Masyarakat madani sebagaimana yang dirumuskan PBB adalah masyarakat yang demokratis dan menghargai human dignity atau hak-hak tanggung jawab manusia. Civil Society berasal dari frasa Latin “civillis societes” yaitu suatu masyarakat yang didasarkan pada hukum dan hidup beradab. Masyarakat madani (civil society) sering diterjemahkan yaitu bidang kehidupan sosial yang terorganisasi secara sukarela.
Masyarakat madani merupakan konsep yang memiliki banyak arti atau sering diartikan dengan maksan yang berbeda-beda. Kamu pun telah memahaminya pada pembahasan materi di depan. Masyarakat madani adalah sebuah masyarakat demokratis, dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Dalam hal ini, pemerintahannya memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi kreatifitas warga negara untuk mewujudkan program-program pembangunan di wilayahnya. Namun demikian, masyarakat madani bukanlah masyarakat yang terbentuk begitu saja. Masyarakat madani adalah konsep yang dibentuk dari proses sejarah yang panjang dan memerlukan perjuangan yang terus-menerus.pengertian masyarakat madani.
B. Kemakmuran Bangsa
1. Ukuran Kemakmuran Bangsa
Pentingnya demokrasi dan kemakmuran sama-sama sebagai tujuan yang akan dicapai.Ukuran kemakmuran bangsa bisa dilihat dari bagaimana pemerintah bekerja. Bagaimana pemerintah tersebut membuat suatu kebijakan. Dan kebijakan tersebut membawa kesejahteraan bagi rakyatnya, bukan membawa rakyatnya sengsara. Akan tetapi pada kenyataanya masih banyak pemerintah yang menyalahgunakan wewenangnya dan membuat rakyat semakin menderita. Tingkat kemakmuran suatu negara juga bisa diukur dengan SDM di negara tersebut. Kemakmuran suatu bangsa juga bisa dilihat dengan adanya pertumbuhan ekonomi, pendidikan, teknologi yang tinggi.
2. Cara Bangsa bisa makmur
Sistem pemerintahan yang baik akan membawa kemakmuran suatu bangsa. Baik itu di dalam bidang politik, ekonomi, sosial dll. Jalannya sebuah proses demokrasi juga ditentukan oleh behaviour (perilaku) dari para elit politik. Bila behaviour elit masih mengutamakan pengamanan kekuasaan dan penumpukan kekayaan, serta disparitas sosial ekonomi di masyarakat masih cukup besar, maka sulit untuk mengharapkan demokrasi berlangsung mulus.Kemakmuran suatu bangsa tergantung pada penguasa. Rakyat hanya akan menjalankan peraturan atau kebijakan dari pemerintah. Kebijakan yang dibuat pemerintah haruslah sesuai dengan kondisi rakyat dan negaranya. Pemerintah harus melihat keuntungan kebijakan dari sisi rakyatnya, jangan hanya dari sisi pemerintahnya saja. Semua aspek haruslah lebih diperhatikan dan dikontrol oleh pemerintah.
C. Demokrasi Menuju Kemakmuran
Teori demokrasi yang diilhami Rousseau mengarah ke pembentukan aspirasi rakyat homogen. Disamping itu, kemakmuran bersama dimasa depanpun sudah dipastikan sejak awal. Oleh karena itu, teori yang tak kenal konflik interes dimasyarakat ini juga dikenal sebagai teori identitas. Demokrasi dalam pengertian ini dipakai untuk membedakan identitas antara golongan pemerintah dan yang diperintah. Prinsip representasi atau perwakilan ditolak, sebab kehendak rakyat tak mungkin dapat diwakilkan. Demokrasi model ini tidak menolak warga negara aktif dibidang politik.
Tingkat kehidupan perpolitikan Indonesia telah menyentuh level yang tinggi dan bahkan masih memungkinkan untuk menaik kembali. Sebagai buah dari gerakan reformasi, berbagai proses demokrasi politik telah mengalami kemajuan luar biasa pesat. Hak-hak politik masyarakat sipil semakin terjamin dalam UUD dan berbagai aturan perundang-undangan lainnya. Kebebasan mengemukakan pendapat, berserikat, dan partisipasi dalam proses pengisian jabatan politik merupakan bukti meningkatnya demokrasi Indonesia.
Paska reformasi 1998 hingga saat ini pengembangan demokrasi masih berkisar pada ruang politik seperti kebebasan berpendapat, berserikat, peningkatan hak berpolitik, maupun akses informasi. Yang paling menonjol adalah perubahan dalam proses partisipasi politik. Setidaknya ada delapan ruang politik yang dapat diikuti masyarakat dalam penentuan isinya.










BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat, baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan . Ukuran kemakmuran bangsa bisa dilihat dari bagaimana pemerintah bekerja. Bagaimana pemerintah tersebut membuat suatu kebijakan. Dan kebijakan tersebut membawa kesejahteraan bagi rakyatnya, bukan membawa rakyatnya sengsara. Akan tetapi pada kenyataanya masih banyak pemerintah yang menyalahgunakan wewenangnya dan membuat rakyat semakin menderita. Tingkat kemakmuran suatu negara juga bisa diukur dengan SDM di negara tersebut.
Sistem pemerintahan yang baik akan membawa kemakmuran suatu bangsa. Baik itu di dalam bidang politik, ekonomi, sosial dll. Kemakmuran suatu bangsa tergantung pada penguasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar