Minggu, 15 Mei 2011

tugas lagi

Nama : Ana Farkhana Laila Luthfiana
NIM : 09416241028
Prodi : P. IPS


Nilai-nilai Budaya Bangsa sebagai Dasar Peletakan Sistem Demokrasi

A. Isi
Keberhasilan masyarakat dalam demokrasi yang ditunjang oleh kultur atau budaya demokrasi suatu bangsa. Seperti demokrasi pada masyarakat barat yang lebih berhasi. Seperti keberhasilan Jerman Timur yang pindah jalur dari sistem politik otoriter ke jalan demokrasi dalam waktu yang sangat singkat. Kultur sangat penting dalam proses demokratisasi dan pembangunan suatu bangsa.
Di dalam bab ini juga terdapat proses demokratisasi di berbagai negara. Proses demokratisasi yang terjadi di Amerika yang di dalamnya terdapat berbagai perbrdaan yang menyebabkan diantara mereka berusaha saling memahami, menerima dan memberi. Di Jerman terdapat persaingan antara dua sistem politik yang mengakar di masyarakat, yaitu Liberalism dan Populist Authoritarianism. Demokratisasi di Jerman membawa Hitler ke tampuk penguasa Jeman. Demokratisasi di Inggris dipengaruhi oleh perilaku kaum borjuis yang lahir dari revolusi industri dan berkembang biak pada perdagangan bebas dan pemilikan hak-hak pribadi serta perang terhadap kekuasaan feodal. Kemerdekaan Perancis diproklamirkan bersifat teoritis. Prancis mengambil jalan demokrasi tidak memiliki tradisi konstitusi liberalisme.
Sedangkan demokratisasi di Indonesia terjadi setelah perang kemerdekaan tanpa memiliki tradisi dan budaya demokrasi. Dengan adanya demokratisasi di berbagai negara seperti yang disebutkan diatas, Demokrasi menjamin dilaksanakannnya hak-hak rakyat untuk menentukan pemimpin bangsa. Jadi budaya sangat penting dalam membangun kehidupan politik suatu bangsa yang demokratis.
B. Kekuatan dan Kelemahan
Kekuatan :
• Isi dari bacaan sudah jelas
• Bacaan dilengkapi dengan contoh-contoh yang konkrit
• Dilengkapi dengan sumber referensi atau kutipan
Kelemahan :
• Tidak ada gambar-gambar atau diagram

C. Setuju dan tidak Setuju
Setuju :
• Kultur memegang peran penting bagi proses demokratisasi dan pembangunan suatu bangsa.
• Demokrasi atau demokratisasi sangat terkait dengan “ nuansa idiologi atau pengalaman lokal”, sehingga aplikasi proses demokratisasi yang berhasil di suatu negara apabila diaplikasikan di negara lain cenderung menimbulkan teori demokratisasi yang tidak cocok dengan kondisi realitas suatu bangsa yang memiliki kultur berbeda.
• Gerakan kapitalis mulai menghancurkan feudalisme dan monarchi yang mendasarkan segala sesuatu dari hubungan darah. Sebagai hasil dari gerakan ini muncullah kelas baru kelas usahawan yang memiliki dinamika, innovasi, dan menjunjung kebebasan.
• Kultur bangsa yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bangsa tersebut dalam menapak ke jalan demokrasi dan mewujudkan kesejahteraan bagi warga masyarakat dan bangsanya.
• Ketidakberadaan kelas menengah yang mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat dan menjadi broker bagi para pengusaha, mengakibatkan proses demokratisasi bagaikan permainan bola tanpa pemain lapangan tengah.
Tidak setuju:
• Pameo yang menyatakan bahwa “ Jika ingin berhasil dalam kehidupan dunia ini maka jadilah : Yahudi atau India, apalgi Cina”.
D. Pendapat dan Saran
Tulisan ini sudah tertulis dengan bagus karena mengupas semua tentang budaya dalam demokrasi. Perjalanan menuju demokrasi di berbagai negara juga di kupas secara baik. Untuk lebih baiknya, tulisan disertai gambar atau diagram agar tidak monoton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar