Minggu, 15 Mei 2011

UTS PATOLOGI

Nama : Ana Farkhana Laila Luthfiana
Prodi : P. IPS
NIM : 09416241028
UTS PATOLOGI DAN MASALAH SOSIAL

1. Narkotika merupakan masalah sosial yang sulit ditanggulangi.
a. Analisislah masalah tersebut, dikaitkan dengan kenyataan yang ada di masyarakat, dengan latar belakang penyebabnya.
Menurut UU No. 22 tahun 1997, narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman, baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Narkotika merupakan sejenis zat terlarang yang cara pakainya disuntikan. Jika narkotika dimasukan ke dalam tubuh maka dapat mengubah pikiran, suasana hati dan perilaku seseorang. Seseorang yang telah menggunakan narkotika, maka seluruh pikirannya akan merasa tenag dan tubuhnya akan merasa bugar walaupun tadinya orang tersebut kecapekan.
Sekarang narkotika sudah menjamur di masyarakat. Banyak orang yang terjerumus ke dalam narkotika. Dari berbagai kalangan, umur, status, dan jenis kelamin bisa terjerumus ke dalamnya. Mulai dari anak remaja usia sekolah sampai orang dewasa, laki-laki maipun perempuan serta orang biasa sampai artis banyak yang terjerat. Sungguh memprihatinkan penyalahgunaan narkoba ini yang telah menimpa generasi muda, mulai anak usia SD sampai usia perguran tinggi.Angka yang sangat drastis tersebut menyebabkan narkotika sulit ditanggulangi dan masalah semakin membesar.
Pemakai narkotika biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti berikut :
• Adanya masalah yang terlalu berat di dalam dirinya seperti putus asa, frustasi dan melampiaskan emosinya dengan memakai obat-obatan terlarang. Setelah memakai obat-obatan tersebut maka dirinya akan merasa hidupnya semangan kembali.
• Kebanyakan aktivitas yang dapat menyebabkan tubuh cepat lelah. Jadi setelah memakai maka orang tersebut akan kembali bugar. Selain itu narkotika juga bisa menghilangkan rasa sakit.
• Kurangnya iman dan pemahaman dalam agama
• Pengaruh dari teman. Tidak semua teman baik. Teman bisa saja menjerumuskan kita ke dalam narkotika.
• Adanya rasa ingin tahu atau ikut-ikutan dari individu tentang narkotika
• Kurangnya pemahaman dalam bahaya dan dampak narkoba.
• Pada anak remaja, kurangnya perhatian serta kasing sayang orang tua dan hubungan anak kurang dekat dengan orang tua karena orang tua terlalu sibuk menyebabkan anak kurang dikontrol oleh orang tua. Orang tua menjadi tidak tahu tentang kegiatan anaknya.
• Tinggal berada di lingkungan pemakai narkoba dan gaya hidup (trend) yang dibilang gaul kalau sudah mengkonsumsinya.
• Suatu kelompok orang yang mempunyai genk antar anggota biasanya memiliki nilai solidaritas yang tinggi. Jika ketua atau beberapa anggota kelompok yang berpengaruh pada kelompok itu menggunakan narkotik, maka biasanya anggota yang lain baik secara terpaksa atau tidak terpaksa akan ikut menggunakan narkotik itu agar merasa seperti keluarga senasib sepenanggungan.
b. Apa dampak yang ditimbulkan dari kasus narkoba tersebut baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain serta lingkungnnya.
Dampak narkoba bagi diri sendiri meliputi gangguan pada sistem syaraf serta organ tubuh. Lama kelamaan tubuh si pemakai narkoba akan rusak, walaupun setelah memakai narkoba tubuh akan menjadi bugar akan tetapi itu hanya bersifat sementara. Apabila zat yang bekerja di dalam tubuh tersebut sudah habis, maka si pemakai akan sakaw apabila tidak langsung memakai narkotika lagi. Tetapi yang jelas, dalam jangka panjang tubuh akan menjadi semakin sakit dan bisa menyebabkan kematian. Narkotika yang dipakai lewat jarum suntik, juga bisa menyebarkan penyakit seperti hepatitis B dan C serta HIV. Narkotika juga dapat menyebabkan ketergantungan sehingga si pemakai tidak bisa keluar dari lembah hitam. Selain itu dampak psikis bagi si pemakai antara lain ;
• Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah
• Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga
• Agiatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
• Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan
• Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri
Dampak narkotika bagi orang lain dan lingkungan adalah si pemakai akan dikucilkan dari masyarakat, selain itu juga menyebabkan keresahan di dalam masyarakat. Masyarakat takut kalau ikut terpengaruh ke dalamnya. Pemakai biasanya suka berpura-pura, berbohong, menipu, ingkar janji. Narkoba menimbulkan bahaya bagi ketentraman dan keselamatan umum antara lain karena kurangnya rasa sosial Selain itu si pemakai menjadi beban keluarga, pendidikan menjadi terganggu, serta masa depan suram. Keluarga akan malu besar karena punya anggota keluarga yang memakai zat terlarang.
c. Bagaimana upaya penanggulangannya menurut saudara?
Berbagai upaya penanggulangan preventif seperti meningkatkan iman dan taqwa melalui pendidikan agama dan keagamaan baik di sekolah maupun di masyarakat, pembinaan kehidupan rumah tangga yang harmonis dengan penuh perhatian dan kasih sayang, menjalin komunikasi yang konstruktif antara orang tua dan anak, orang tua memberikan teladan yang baik kepada anak-anak, anak-anak diberikan pengetahuan sedini mungkin tentang narkoba, jenis, dan dampak negatifnya, memilih dan bergaul dengan teman yang baik. Selain itu upaya pencegahannya bisa melalui adanya peraturan tentang hukuman bagi penyalahgunaan narkoba. Dan seharusnya adanya penegasan hukum tentang penyalahgunaan narkoba. Diadakannya penyuluhan mengenai bahaya bagi narkoba dalam jangka panjang dan jangka pendek.
d. Teori apa yang anda gunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut?

2. Homoseksual merupakan masalah yang membawa dampak besar dalam kehidupan masyarakat.
a. Faktor-faktor apakah yang menjadi latar belakang penyebabnya?
Homoseksual dapat disebabkan karena faktor bawaan atau memiliki kelebihan Hormon X, yang menyebabkan seorang laki-laki mempunyai kecenderungan kelainan seksual, selain itu kelainan homoseksual sering disebabkan karena tarauma masalalu, misalnya pernah menjadi korban sodomi, atau pelecehan seksual yang lain serta kekerasan seksual. Dapat juga disebabkan karena pernah patah hati atau disakiti oleh lawan jenisnya. Gagal dalam membina hubungan dengan lawan jenisnya. Kurangnya pengawasan dari orang tua juga menyebabkan adanya penyimpangan seksual. Selain itu pergaulan bebas juga bisa mempengaruhi.
Faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi seperti contohnya temannya adalah seorang homoseksual, dan diajak melakukan hubungan seks. Maka lambat laun orang yang tadinya normal, akan ikut-ikutan teresret menjadi homo. Faktor lingkungan yang cenderung bebas dan rapat diantara masyarakat yang berlainan jenis kelamin akan memberikan dorongan seksual yang besar kepada individual untuk melakukan kegiatan seksual. Kegiatan seksual yang sudah pernah dilakukan akan menjadikan pengalaman kepada individu untuk mencoba melakukannya kembali. Apabila kegiatan seksual ini dilakukan secara negatif, maka akan memberikan dampak psikologis terhadap perilaku seksual.

b. Apa dampak yang ditimbulkan dari homoseksual?
Homoseksual membawa dampak negatif diantaranya benci terhadap wanita. Seandainya pun seorang homo itu bisa menikah, maka istrinya akan menjadi korbannya, tidak mendapatkan ketenangan, kasih sayang, dan balas kasih. Hidupnya tersiksa, bersuami tetapi seolah tidak bersuami. Efek Terhadap Syaraf, homoseksual mempengaruhi kejiwaan dan memberikan efek yang sangat kuat pada syaraf. Sebagai akibatnya dia merasa seolah dirinya diciptakan bukan sebagai laki-laki, yang pada akhirnya perasaan itu membawanya kepada penyelewengan. Dia merasa cenderung dengan orang yang sejenis dengannya. Efek terhadap otak dapat menyebabkan pelakunya menjadi pemurung•
Seorang homoseks selalu merasa tidak puas dengan pelampiasan hawa nafsunya. Karena organ-organ tubuhnya telah rusak, maka didapati mereka sering tidak sadar setelah mengeluarkan air seni dan mengeluarkan kotoran dari duburnya tanpa terasa. Mereka terancam oleh berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan karena merasa lemah mental dan depresi. Homoseksual dapat melemahkan sumber-sumber utama pengeluaran mani dan membunuh sperma sehingga akan menyebabkan kemandulan. Selain itu dapat meyebabkan penyakit thypus dan disentri. Dan para ahli mengatakan bahwa 95% pengidap AIDS adalah kaum homoseks.
Orang tuanya juga akan merasa malu kalau anaknya punya kelainan seksual. Orang yang mempunyai kelainan seeksual akan dikucilkan oleh masyarakat, karena masyarakat takut kalau orang tersebut mempengaruhinya ataupun mengajak berhubungan sesama jenis. Orang lain juga merasa risih akan keberadaan homoseksual.
c. Bagaimana upaya penanggulangannya?
Agar homoseksual tidak menyeret korban lagi, maka diperlukan beberapa penanggulangan seperti pengawasan dari orang tua.
• Orang tua harus dapat mengontrol anaknya. Orang tua juga harus memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anaknya.
• Memilih lingkungan yang bersih dari homoseksual.
• Memilih teman. Selektif dalam bergaul. Karena tanpa disadari mungkin teman kita adalah seorang homo.
• Pemberian penyuluhan tentang bahaya homo serta dampak bagi kesehatan, lingkungan dan sosial.
• Penanaman iman agama yang kuat.
d. Bagaimana menurut pendapat saudara?
Homoseksual merupakan penyakit kelainan seksual. Penyakit ini sangat ditentang keberadaannya. Dari segi agama, sosial dan yang lainnya pasti akan tidak menyetujui tentang adanya homoseksual. Agama sudah sangat jelas melarang umatnya berhubungan sesama jenis. Sangatlah tidak manusiawi hubungan sesama jenis tersebut. Dari segi sosial, masyarakat juga akan merasa risih dan takut. Oleh sebab itu biasanya homoseksual akan dikucilkan dari masyarakat. Mereka dinilai tidak wajar serta melanggar norma.Orang tua si penderita homoseksual juga merasa malu mempunyai anak seperti itu. Bahkan keluarganya juga akan merasa malu. Sampai-sampai anak tersebut diusir dari rumah.
Menurut saya penderita homoseksual biasanya disebabkan karena masa lalu yang kelam. Misalnya saja penderita tersebut pernah punya pacar perempuan. Akan tetapi dalam membina hubungannya, laki-laki tersebut mengalami kegagalan. Pacarnya menyakitinya. Setelah itu hidupnya akan merasa sedih karena disakitinya. Dan dia takut membuka kembali hatinya untuk perempuan lain. Akibatnya dia selalu hidup sendiri dan merasa dirinya tak pantas untuk perempuan. Nah, karena sebab itulah laki-laki tersebut mencoba ingin mendapat perhatian dari laki-laki. Orang tersebut ingin merasakan bagaimana kalau laki-laki yang memperhatikannya. Terkadang penderita homoseksual mengajak atau mencoba menjerumuskan laki-laki normal. Awal mulanya laki-laki normal diajak berteman. Setelah akrab, maka penderita homoseksual akan memperlihatkan gerak-gerik kelainannya kepada laki-laki normal. Biasanya penderita homoseksual tampilannya lebih macho. Kalau belum kenal, kita tidak akan mengetahui kalau dia mempunyai kelainan. Karena mungkin kita akan berpendapat kalau dia adalah lelaki perfect, padahal kenyataanya adalah dia tidak normal

3. Kemiskinan merupakan induk permasalahan yang terdapat pada masyarakat kita. Apa yang bisa saudara analisis dari kemiskinan tersebut?
Kemiskinan ialah satu keadaan di mana seseorang itu kekurangan bahan-bahan keperluan hidup. Kemiskinan memang sudah menjamur di masyarakat kita. Pemerintah pun sekan tak peduli akan nasib rakyat kecil. Para pemerintah terbiasa menghambur-hamburkan uang untuk kepentingan diri sendiri, bukan untuk kepentingan rakyatnya. Kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah pun malah menambah penderitaan bagi rakyat kecil. Dan dampaknya akan memperburuk keadaan yang miskin semakin miskin dan sengsara. Itulah sebabnya mengapa rakyat Indonesia selalu miskin. Bahkan banyak orang yang seumur hidupnya selalu miskin tak pernah merasakan bagaimana nikmatnya hidup. Bahkan masih banyak rakyat miskin yang tinggal di kolong jembatan atau memiliki rumah kardus. Sungguh tragis nasib rakyat kita
Zaman sekarang sulit sekali mendapatkan pekerjaan. Banyak tempat-tempat kerja yang mengharuskan pekerjanya harus sarjana atau paling minim adalah lulusan SMA. Padahal masyarakat kita jarang yang mengenyam bangku kuliah. Bisa duduk di bangku SMA pun, mereka sudah bersyukur. Pendidikan sangat mempengaruhi kemiskinan. Padahal pendidikan sekarang semakin tinggi jenjangnya biayanya semakin tinggi. Sulit dijangkau oleh rakyat miskin. Ditambah pula pekerjaan yang mengharuskan lulusan sarjana, rakyat miskin tidak bisa menjangkaunya. Rakyat miskin hanya bisa bekerja sebagai buruh atau yang lainnya. Pendapatan penduduk yang didapatkan dari hasil pekerjaan yang mereka lakukan relative tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari sedangkan ada sebagian penduduk di Indonesia mempunyai pendapatan yang berlebih Semua itu memperburuk rakyat miskin dan kemiskinan bertambah parah. Biaya kesehatan pun juga mahal, sehingga rakyat miskin yang sakin tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Hal ini menyebabkan orang miskin yang sedang sakit, sakitnya bertambah parah. Dan tidak bisa bekerja mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. Akibatnya keluarganya kelaparan.
Negara-negara dengan penguasaan teknologi yang rendah mempunyai tingkat produktivitas yang rendah pula. Tingkat produktivitas yang rendah menyebabkan terjadinya pengangguran. Hal ini disebabkan oleh kegagalan dalam mengadaptasi teknik produksi yang lebih modern. Ukuran tingkat penguasaan teknologi yang rendah salah satunya bisa dilihat dari penggunaaan alat-alat produksi yang masih bersifat tradisional. Pertumbuhan penduduk yang tinggi juga mempengaruhi angka kemiskinan. Hal ini mengakibatkan kelebihan penduduk dan kekurangan bahan pangan. Kekurangan bahan pangan merupakan salah satu indikasi terjadinya kemiskinan.
Akibatnya dari kemiskinan kesejahteraan masyarakat sangat jauh dari sangat rendah Ini berarrti dengan adanya tingkat kemiskian yang tinggi banyak masyarakat Indonesia yang tidak memiliki pendapatan yang mencukupi kebutuhan hidup masyarakat Tingkat kematian meningkat, ini dimksudkan bahwa masyarakat Indonesia banyak yang mengalami kematian akibat kelaparan. Tingkat kejahatan meningkat, masyarakat Indonesia jadi terdesak untuk memperoleh pendapatan dengan cara-cara kejahatan karena dengan cara yang baik mereka tidak mempunyai modal yaitu ilmu dan ketermpilan yang cukup.
Upaya untuk memberantas kemiskinan bisa melalui cara seperti menurunkan biaya pendidikan agar rakyat kalangan bawah bisa sekolah dan bisa mendapatkan pekerjaan yang rakyat. Dalam membuat kebijakan, pemerintah haruslah mempertimbangkan apakah kebijakan tersebut merugikan rakyat miskin atau tidak. Mengembangkan kebijakan, cara-cara dan sarana untuk meningkatkan akses masyarakat adat/penduduk asli dan komunitas mereka terhadap kegiatan-kegiatan ekonomi, dengan memperhatikan hakekat ketergantungan mereka selama ini pada ekosistem alami dimana mereka hidup dan bekerja.
Pemberian bantuan kepada rakyat miskin seperti bantuan modal untuk mendrikan lapangan pekerjaan. Membangun prasarana dasar pedesaan, diversifikasi ekonomi dan perbaikan transportasi, serta akses pada pasar, kemudahan informasi pasar dan kredit bagi masyarakat miskin pedesaan, untuk mendukung pembangunan pedesaan dan pertanian secara berkelanjutan. Selain itu menurunkan biaya pengobatan untuk rakyat miskin. Pemberian gizi bagi rakyat miskin juga perlu dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar